Definisi Thaharah Menurut Ulama dari Empat Madzhab - Kang Ali

Breaking

Aliyyurrahman As-Sundawiy

Rabu, 23 Mei 2018

Definisi Thaharah Menurut Ulama dari Empat Madzhab


Definisi Bahasa

مَعْنَى الطَّهَارَةِ فِي اللُّغَةِ : النَّظَافَة والنَّزَاهَة عَنِ الأَقْذَار وَالأَوْسَاخ, سَوَاءٌ كَانَتْ حِسِّيِّة أَوْ مَعْنَوِيَّة

Menurut bahasa: (annazhafah) kebersihan atau (annazahah) netral dari hal-hal kotor dan busuk secara konkret atau abstrak.

Definisi Istilah

1. Ulama Hanafiyyah

الحَنَفِيَّة قَالُوا : الطَّهَارَة شَرعًا النَّظَافَة عَن حَدَثٍ أَوْ خَبَثٍ

Alhanafiyyah (pengikut madzhab Imam Abu Hanifah) berkata, "Thaharah secara syariat adalah bersih dari hadats dan khabats."

2. Ulama Malikiyyah

المَالِكِيَّة قَالُوا : الطَّهَارَة صِفَة حُكْميَّة تُوجَبُ لِمَوصُوفِهَا استِبَاحَةُ الصَّلَاة بِثَوْبِهِ الَّذِي يَحْمِلُهُ, وَفِي مَكَانِ الَّذِي يُصَلِّي فِيهِ

Almalikiyyah (pengikut madzhab Imam Malik) berkata, "Thaharah merupakan suatu karakter hukum yang wajib bagi shalat, sehingga diperbolehkan dengan pakaian yang dibawanya dan dengan tempat yang terdapat shalat di dalamnya."

3. Ulama Syafi'iyyah

الشَّافِعِيَّة قَالُوا : تُطْلَقُ الطَّهَارَةُ شَرْعًا عَلَى مَعْنَيْنِ : أَحَدُهُمَا فِعْلُ شَيْءٍ تُسْتَبَاحُ بِهِ الصَّلَاة. وَثَانِيهِمَا ارْتِفَاعُ الحَدَثِ أَوْ إِزَالَةُ النَّجَاسَةِ

Asysyafi'iyyah (pengikut madzhab Imam Syafi'i) berkata, "Ada dua makna ditetapkannya thaharah secara syariat: pertama, (maknanya) suatu pekerjaan yang menjadikan shalat itu sah. Kedua, (maknanya) mengangkat hadats atau menghapus najis."

4. Ulama Hanabilah

الحَنَابِلَةُ قَالُوا : الطَّهَارَةُ فِي الشَّرْع هِيَ ارْتِفَاعُ الحَدَثِ وَمَا فِي مَعْنَاهُ وَزَوَالُ النَّجَسِ

Alhanabilah (pengikut madzhab Imam Ahmad bin Hanbal) berkata, "Thaharah dalam tinjauan syariat adalah mengangkat hadats dan yang semisal dengannya serta menghilangkan najis."

Kesimpulan

الطَّهَارَةُ شَرْعًا صِفَةٌ اعْتِبَارِيَّةٌ قَدَّرَهَا الشَّارِعُ شَرْطًا لِصِحَّةِ الصَّلَاةِ

Thaharah secara syariat merupakan tatacara penting yang dijadikan oleh Syari' (Allah ta'ala) sebagai syarat sahnya shalat.

Barakallahu fikum jami'an

Sumber: al-Jazairi, Abdurrahman. 2003. Kitab al-Fiqhi 'Ala al-Arba'ah al-Madzahib Juz 1. Beirut: Dar al-Kutub al-'Ilmiyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar